Segini Perbandingan Kekuatan Antara Militer China dan Indonesia

Perbandingan Kekuatan Antara Militer China dan Indonesia

Beritaislam - Beberapa hari terakhir kita tengah dihebohkan mengenai Kapal China yang berada di Laut Natuna, saling klaimpun terjadi antara Indonesia dan Cina. berikut adalah perbandingan kekuatan antara militer China vs Indonesia

Menurut Global Fire Power, kekuatan militer China berada diurutan ke-3 dunia. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Indonesia.

China punya kekuatan armada laut yang terdiri dari 714 kapal perang, 2 kapal induk, 52 fregat, 33 kapal perusak, 41 korvet, 192 kapal patroli, 76 kapal selam dan punya 33 pangkalan laut yang digunakan.


Untuk kekuatan daratnya, China punya 13 ribu tank, 40 kendaraan lapis baja, 2 ribu roket proyektor, 4 ribu artileri otomatis, dan 6.246 artileri manual. China memiliki 2,6 juta personal yang terdiri dari 2,1 juta personel aktif dan 510 ribu personel cadangan.

Sementara kekuatan udaranya, China punya 1.222 pesawat tempur, 1.564 pesawat pembom, 281 helikopter perang dan 1.000 helikopter biasa.

Untuk kekuatan logistik dan bahan bakar, China memiliki sumber daya minyak sebesar 10 juta barel per hari dan cadangan minyak bumi yang mencapai 25 miliar barel.

Data menurut Global Fire Power ini tidak sepenuhnya akurat tapi bisa dijadikan patokan untuk mengukur sampai sejauh mana kekuatan militer Indonesia dan China.

---------------------------------------------------------------------------------------

Menurut Global Fire Power, kekuatan militer Indonesia berada di peringkat ke-16 dunia. Indonesia memiliki 221 kapal yang terdiri dari 139 kapal patroli, 5 kapal selam, 24 kapal korvet dan 8 kapal fregat. Sayangnya Indonesia belum memiliki kapal induk yang mampu mengangkut pesawat tempur.

Indonesia memiliki sekitar 800 ribu personel yang terdiri dari 400 ribu personel aktif dan 400 ribu personel cadangan. Menurut catatan, ada jutaan orang siap perang jika memang diharuskan.

Untuk kekuatan daratnya, Indonesia punya 315 tank perang, 141 artileri otomatis, 356 artileri manual, 36 proyektor misil dan 1.300 kendaraan lapis baja.

Untuk kekuatan udaranya, Indonesia punya 41 pesawat tempur, 192 helikopter. 8 helikopter perang dan 65 pesawat pembom. Indonesia juga punya meriam antiudara.

Sementara dibagian operasional militer, Indonesia memiliki sumber daya minyak 1,66 juta barel per hari dan cadangan minyak buminya mencapai 3,23 miliar barel.

Berikut perbandingan kekuatan militer China Vs Indonesia dalam diagram.

Perbandingan Kekuatan Antara Militer China dan Indonesia

Perbandingan Kekuatan Antara Militer China dan Indonesia

Perbandingan Kekuatan Antara Militer China dan Indonesia


Peta kekuatan militer Indonesia dan China bisa saja lebih dari yang dipublikasikan globalfirepower.com. Walau bagaimana pun, kekuatan militer untuk menjaga pertahanan dan kedaulatan merupakan rahasia masing-masing negara

[news.beritaislam.org]

Posting Komentar untuk "Segini Perbandingan Kekuatan Antara Militer China dan Indonesia"

Banner iklan disini