Khemraj Sahadeo, Pemuda Suriname Terkenal di Indonesia Karena Pintar Bahasa Jawa





 Khemraj Sahadeo Suriname

Nama Khemraj Sahadeo mendadak terkenal di Indonesia lantaran warga Suriname yang masih keturunan India ini bisa bahasa Jawa.

Bahasa Jawa memang masih digunakan oleh Warga Suriname terutama yang masih keturunan dari Jawa.


Suriname merupakan bekas jajahan Belanda, di sekitar tahun 1880-1927 banyak masyarakat Indonesia khususnya yang berasal dari Jawa dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda yang saat itu berkuasa dan menjajah Nusantara untuk bekerja di perusahaan-perusahaan Belanda di Suriname.

Warga Jawa yang dibawa ke Suriname oleh Belanda umumnya bekerja di ladang pertanian atau pabrik gula tebu dan lain sebagainya.

Dari orang-orang Jawa itulah mengapa sampai sekarang Bahasa Jawa masih digunakan oleh sebagian masyarakat Suriname.

Khemraj Sahadeo mulai dikenal warga Indonesia tak lepas dari peran Warga Indonesia yang saat ini berada di Suriname yakni Bapak Budi Sarwono.

Budi Sarwono banyak membuat video vlognya di Suriname dan diunggah di channel youtube beliau [https://www.youtube.com/channel/UCw0U2i7tRUeeFRG0fpXCbFw]

Beritaislam.org yang sempat menonton Channel pak Budi Sarwono bahwa pak Budi adalah warga Jogjakarta yang kini tinggal di Suriname, berdasarkan vlog-vlog yang kami tonton beliau di suriname membuka bisnis jualan wajan (perabot rumah tangga).

Beliau mengunggah  percakapannya dengan Khemraj Sahadeo dengan menggunakan bahasa Jawa.

Kemudian beliau juga mempromosikan akun facebook  Khemraj Sahadeo kepada para penontonnya yang kebanyakan dari Indonesia yang ingin mengetahui lebih kondisi Suriname sekarang.

Dari situlah  Khemraj Sahadeo dikenal masyarakat Indonesia khususnya orang Jawa.

Status facebook Kimraj Sahadeo kemudian viral, pada 6 Oktober 2019, ia menuliskan lirik Sewu Kutho Didi kempot.

"Wis tak coba nglaliake jenengmu soko atiku sak tenane aku ora ngapusi isih tresno sliramu!!" tulis Kimraj di akun facebooknya.

Sontak masyarakat Indonesia kemudian banyak berkomentar di akun facebooknya. Ia kemudian banyak bercakap dangan masyarakat Indonesia dengan bahasa Jawa di akun facebooknya.

Berikut ini salah satu video Kimraj Sahadeo bercakap-cakap menggunakan Bahasa Jawa dengan Bapak Budi

 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to " Khemraj Sahadeo, Pemuda Suriname Terkenal di Indonesia Karena Pintar Bahasa Jawa"

  1. Piye kabare Mas Khemraj Sahadeo? Wis nate tindak India po rung? Negeri leluhurmu.

    BalasHapus
  2. Sekedar meluruskan bahwa Bpk Budi Sarwono tinggal di Yogyakarta dan sudah 12 kali ikut Indover di Suriname ,adalah yang sereing meliput keberadaan suku jawa lewat chanell youbube.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik terimakasih atas informasinya :)

      Hapus