Benarkah? Media Asing Sebut 100 Pulau di Maluku Akan Dilelang dan Dijual di New York

Potret Gambar Pulau Maluku yang Terpampang Dalam Situs Lelang di New York, Amerika Serikat (theguardian.com)

Beritaislam - Media asing yang bermarkas di Inggris, The Guardian mengungkapkan bahwa sekitar 100 Pulau di Maluku, Indonesia telah masuk daftar lelang di Sotheby’s Concierge Auctions, New York, Amerika Serikat.Kabar mengenai 100 Pulau di Maluku yang diduga akan dilelang membuat aktivis konservasi merasa cemas akan berdampak buruk bagi komunitas lokal serta ekosistem yang terdapat di dalam pulau tersebut.
Ekosistem yang dimaksud yaitu hutan hujan, hutan bakau, laguna, danau serta terumbu karang yang menjadi rumah kehidupan biota laut.

Selaku Koordinator Destructive Fishing Watch (DFW) meminta kepada pemerintah Indonesia untuk segera melakukan investigasi terkait pemberitaan media asing ini.

Menurutnya, jika sebuah pulau menjadi milik pribadi maka komunitas masyarakat yang ada di pulau itu akan terkena dampaknya, baik secara sosial maupun ekonomi.

“Dampak sosial dari rencana ini akan mengimbangi manfaat lingkungan. Saat ini, pemerintah gencar menarik investasi asing untuk mendapatkan penerimaan negara. Tidak ada peraturan yang harus diubah untuk meloloskan rencana ini,” ujar Mohd Abdi Suhufan, Senin 5 Desember 2022.

“Tempat penangkapan ikan bagi nelayan yang sudah digunakan secara turun-temurun akan dibatasi,” sambungnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Iwan Sofiawan selaku ahli lingkungan, ia memprediksi akan terjadi eksploitasi kepentingan wisata.

“Bagaimana bisa dijamin pulau-pulau ini tidak akan dieksploitasi untuk kegiatan pariwisata? Dan bagaimana dengan akses masyarakat lokal setelah pulau-pulau itu menjadi milik pribadi?” tanya Iwan Sofiawan.

Disisi lain, Charlie Smith selaku Wakil Presiden Eksekutif Sotheby’s Concierge Auction menyebutkan bahwa PT LII tidak menyerahkan seluruh proyek tersebut namun terlibat aktif dalam pelelangan.“Setiap miliarder dapat memiliki pulau pribadi, tetapi hanya satu yang dapat memiliki kesempatan eksklusif ini yang tersebar di lebih dari 100 pulau,” jelas Charlie Smith.

Dalam website Sotheby’s Concierge Auctions tertulis pelelangan Pulau Widi, akan dilaksanakan pada 8 Desember 2022, pukul 16.00 WIB.

Jadwal pelelangan Pulau Widi akan diadakan secara online sampai tanggal 14 Desember 2022.

Jika anda tertarik, maka harus membayar uang deposit sebesar Rp1,5 miliar yang akan dijadikan sebagai tanda bahwa anda serius untuk membeli pulau ini. (Sumber: theguardian.com/terkini.id)

[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Benarkah? Media Asing Sebut 100 Pulau di Maluku Akan Dilelang dan Dijual di New York"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini Banner iklan disini