Al Quran Dibacakan di Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar, Morgan Freeman Sampaikan Pesan Menohok

Aktor kenamaan Amerika Serikat, Morgan Freeman (kiri) melakukan dialog dengan duta Piala Dunia 2022 penyandang disabilitas, Ghanim Al Muftah pada opening ceremony di Al Bayt Stadium, Qatar, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Natacha Pisarenko

Beritaislam - Piala Dunia 2022 Qatar resmi dimulai setelah digelarnya upacara pembukaan, uniknya, penyelenggara menyelipkan bacaan ayat suci Al Quran dalam upacara pembukaan itu.

Diawali pemutaran video resmi Piala Dunia 2022, pembukaan yang digelar di Stadion Al Bayt, pada Ahad (21/11/2022), itu berlangsung megah.

Sekitar 60 ribu penonton disuguhi dengan berbagai hiburan dan tarian bernuansa Arab.

Namun pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar tidak hanya tentang upacara megah. Aktor Amerika, Morgan Freeman kemudian membacakan pidato pembukaan.


Morgan lalu diminta oleh Ghanim al Muftah, Brand Ambassador Piala Dunia 2022 untuk mendekatinya.

Morgan menjawab, “Saya tidak yakin, apakah saya diterima?”, Ghanim berkata: “Kami mengirimkan panggilan karena semua orang diterima. Ini adalah undangan ke seluruh dunia.”

Freeman menjawab, “Saya ingat, bahkan setelah mendengar panggilan itu, alih-alih melihat cara lain, kami mengabaikannya dan menuntut cara kami sendiri. Dan kini dunia terasa semakin jauh dan terbagi. Bagaimana bisa begitu banyak negara, bahasa, dan budaya bersatu, jika hanya satu cara yang diterima?”

Pertanyaan Morgan lalu dijawab Ghanim, yang mengidap Caudal Regression Syndrome, dengan bacaan ayat suci Al Quran, tepatnya ayat 13 surat Al Hujurat yang artinya:

“Wahai Manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kami saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang bertakwa”

Morgan menambahkan: “Saya bisa melihatnya. Apa yang mempersatukan kita di sini pada sekarang jauh lebih besar daripada apa yang memisahkan kita.”

Pembukaan juga dihadiri Presiden FIFA Gianni Infantino bersama Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, emir Qatar, dan Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, mantan emir.

Sebelum pegelaran, tuan rumah Qatar telah diserang isu non sepak bola. Labelling “teroris”, “radikal’ dan sejenisnya terus dihembuskan oleh dunia barat karena aturan Qatar seperti pelarangan minuman beralkohol di stadion, pakaian terbuka dan ban kapten Pelangi.


Duta Besar Piala Dunia Qatar Khalid Salman dengan tegas meminta barat menerima aturan di Qatar yang melarang homoseksual. Hal ini membuat kalangan LGBTQ menyerukan “travel warning” dan ajakan untuk memboikot Piala Dunia.

Sejak dinobatkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 yang merupakan salah satu ajang paling bergengsi dalam dunia olahraga, Qatar terus menerus diserang. Sepanjang sejarah Piala Dunia, tidak ada negara lain yang mendapatkan intensitas kecaman seintens ini.* (hidayatullah)

[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Al Quran Dibacakan di Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar, Morgan Freeman Sampaikan Pesan Menohok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini Banner iklan disini
Tekan Tombol Close Untuk Menutup Iklan

Banner iklan disini