Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah, Amalkan di Waktu Ini!

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah, Amalkan di Waktu Ini!


Beritaislam - Salah satu cara menyambut 1 Muharram atau tahun baru Islam adalah dengan berdoa.

Umat Islam dianjurkan membaca 2 doa saat pergantian tahun. Doa pertama adalah doa akhir tahun yang dibaca di akhir bulan Dzulhijjah.

Sedangkan doa kedua adalah doa awal tahun yang dibaca saat memasuki tahun baru.

Inilah tata cara dan bacaan doa akhir dan awal tahun Hijriyah yang bisa diamalkan.

Doa Akhir Tahun


Doa akhir tahun diamalkan untuk memohon pengampunan atau bertaubat atas segala perbuatan buruk.

Untuk mengamalkannya, doa akhir tahun dianjurkan dibaca sebanyak 3 kali.

waktu yang dianjurkan untuk membacanya adalah sebelum maghrib di akhir bulan Dzulhijjah.


اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Doa Awal Tahun


Tak jauh berbeda dengan doa akhir tahun, doa awal tahun dibaca sebanyak 3 kali.

Tujuan membaca doa ini adalah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dan agar didekatkan pada-Nya.


Sedangkan waktu yang dianjurkan untuk membaca doa awal tahun adalah malam 1 Muharram.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى  فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.



Doa akhir tahun bisa dibaca sebelum maghrib di Akhir Tahun Hijriyah/Akhir Bulan Dzulhijjah, sedangkan doa awal tahun Hijriyah bisa diamalkan setelah maghrib atau di malam hari pada 1 Muharram.

Itulah bacaan doa akhir tahun dan awal tahun serta tata cara untuk mengamalkannya. Semoga bermanfaat.

[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah, Amalkan di Waktu Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini Banner iklan disini