Jawaban Cerdas Ustadz Adi Hidayat, Usai Viral Gus Miftah Pertanyakan Agama Rendang

Jawaban Cerdas Ustadz Adi Hidayat, Usai Viral Gus Miftah Pertanyakan Agama Rendang


Beritaislam - Baru-baru ini beredar video potongan Ustadz Adi Hidayat yang menjawab pertanyaan Gus Miftah soal Rendang.

Sebelumnya Beredar video Gus Miftah turut mengomntari Rendang. ""Eh ngomong-ngomong, sejak kapan ya rendang punya agama?." tanya Gus Miftah dalam video yang viral.

Rupanya Gus Miftah ikut berkomentar soal heboh rendang babi yang jadi perbincangan karena menentang adat Minang.

Lima hari lalu sekitar hari Selasa 14 Juni 2022 dalam postingan Instagramnya, Gus Miftah mempertanyakan, sejak kapan rendang punya agama?

"Kewajiban makan-makanan yang halal itu kan untuk orang Islam, orang non Islam ya terserah mau makan apa. Termasuk mau dimasak dengan bumbu apa dengan cara apa ya selera mereka," kata Gus Miftah, sebagaimana dikutip dari akun Instagramnya pada Minggu 19 Juni 2022.

"Saya justru berterima kasih dengan para menjual makanan, yang menjual makanan haram dan memberikan label non halal. Sehingga ketika melihat makanan non halal, yang lakukan jangan emosi, cukup tak usah membeli, eh ngomong-ngomong sejak kapan ya rendang punya agama?" tanya Gus Miftah menambahkan.

Ustadz Adi Hidayat yang akrab disapa UAH itu memberikan respons yang menyangkut dengan pertanyaan yang ditanyakan oleh Gus Miftah di Akun Instagramnya tersebut.

Dalam video yang diunggah di Channel YouTube Adi Hidayat Official, UAH menjawab pertanyaan dari Gus Miftah soal sejak kapan rendang punya agama.

"Ada pertanyaan sejak kapan rendang itu punya agama, maka dijawab, apa jawabannya? Sejak batik, calung, angklung punya kewarganegaraan," jawab UAH dikutip dari Video yang beredar di Isnatagram pada Ahad, 19 Juni 2022.

"Jangan pernah mengecilkan apapun apalagi bila sudah menjadi tradisi," kata UAH dalam video tersebut.

Menurut UAH, tradisi rendang halal di Minangkabau sama halnya dengan budaya Indonesia lainya seperti batik, calung, dan angklung yang memiliki kewarganegaraan.

"Ada pertanyaan sejak kapan rendang itu punya agama, apa jawabannya? Sejak batik, calung, angklung punya kewarganegaraan," tegasnya.

UAH juga mengatakan bahwa seandainya batik telah menjadi budaya Indonesia dan diklaim oleh negara lain, pastinya masyarakat Tanah Air dengan tegas menolak.

"Kalau misalnya batik diklaim sama Malaysia mau tidak? Tidak, orang Indonesia akan mengatakan batik itu budaya Indonesia, sudah melekat karena itu tidak ingin diklaim oleh negara-negara lain," jelasnya.

[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Cerdas Ustadz Adi Hidayat, Usai Viral Gus Miftah Pertanyakan Agama Rendang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini Banner iklan disini