Hukum Min Sukun ( مْ) Bertemu Ba' (ب), Ikfa' Syafawi dan Cara Membacanya + Video

Hukum Min Sukun ( مْ)  Bertemu Ba' (ب), Ikfa' Syafawi dan Cara Membacanya


Beritaislam - Ikhfa Syafawi ini berasal dari dua kata yakni, ikhfa dan syafawi. Ikhfa berarti menyembunyikan atau menyamarkan. Sedangkan syafawi berarti bibir. Disebut dengan Ikhfa Syafawi sebab makhraj atau tempat keluarnya dari huruf hijaiyah Mim dan huruf hijaiyah Ba adalah pertemuan antara bibir bawah dan bibir atas.

Hukum ikhfa syafawi terjadi ketika ada Mim Sukun ( مْ ) bertemu huruf hijaiyah Ba ( ب ) dengan membunyikan samar-samar di bibir disertai dengungan.

Pada hukum Ikhfa Syafawi ini tetaplah wajib dibaca dengan dengung sekitar 2 – 3 harakat atau 1 1/2 alif, sebab bila hukum Ikhfa Syafawi ini tidak didengungkan, maka hukumnya akan berubah jadi hukum Izhar.

Cara membaca dari hukum Ikhfa Syafawi yaitu dengan membaca lebih dulu huruf hijaiyah sebelum mim sukun, setelah itu masuk ke dalam huruf Mim Sukun dengan cara mengeluarkan irama dengungnya hukum dari ikhfa Syafawi [yaitu dengan cara menahan huruf hijaiyah mim secara samar-samar]; “immng.. / ummmng.. / ammmng… ” sehingga ketika akan ketemu dengan huruf hijaiyah ب maka bibir atas dan bibir bawah dalam posisi yang tertutup.

Contoh Ikhfa Syafawi:

اِنَهُمْ بِدَالِكَ = innahummng bidzaalika

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ = tarmiihimmmng bihijaarotin.

Berikut penjelasan Dengan Video:


 
[beritaislam.org]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hukum Min Sukun ( مْ) Bertemu Ba' (ب), Ikfa' Syafawi dan Cara Membacanya + Video"

Posting Komentar