Erdogan: Ekonomi Islam Kunci Keluar dari Krisis

erdogan kaligrafi

Beritaislam - Ekonomi Islam menawarkan "kunci" untuk keluar dari kesengsaraan ekonomi yang kini dihadapi dunia, kata presiden Turki, Ahad (14/6).

"Pendanaan berlebihan telah menciptakan model ekonomi yang mudah meletus, yang hanya bertindak untuk kepentingan laba yang diterima, tanpa mempertimbangkan biaya sosial dan manusia," kata Recep Tayyip Erdogan pada Konferensi Internasional ke-12 tentang Ekonomi dan Keuangan Islam melalui tautan video.


Meskipun menyikapi perkembangan jangka panjang, pernyataan Erdogan dilatarbelakangi oleh kejatuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19 di seluruh dunia. "Untuk membiayai investasi infrastruktur besar jangka panjang, penggunaan produk seperti sukuk harus diperluas," ujar Erdogan, merujuk pada obligasi syariah.

"Bertentangan dengan apa yang telah dijanjikan, distribusi pendapatan dan kekayaan secara bertahap memburuk di seluruh dunia, dan kesenjangan antara negara-negara melebar," katanya.

"Setiap krisis yang dimulai di sektor keuangan dengan cepat menyebar ke sektor riil dan menciptakan barisan pengangguran baru," katanya.

Awal tahun ini, lembaga pemeringkat kredit Moody mengumumkan aset perbankan syariah Turki akan berlipat ganda dalam satu dekade, karena inisiatif pemerintah mendorong pertumbuhan di sektor ini. Turki telah memposisikan dirinya menjadi pusat partisipasi perbankan dan keuangan Islam.

Turki berikan bantuan medis kepada 125 negara

Erdogan mengatakan Turki adalah salah satu negara yang mengalami periode pandemi dengan kerusakan paling kecil. "Selain memenuhi kebutuhan orang-orang kami sendiri, kami telah memberikan bantuan medis kepada 125 negara di seluruh dunia," katanya.

Menunjukkan pertumbuhan kuartal pertama negara itu sebesar 4,5 persen, Erdogan mengatakan Turki telah menunjukkan negara itu membedakan dirinya secara positif dari negara-negara lain tidak hanya di sektor kesehatan tetapi juga dalam perekonomian.

“Dengan terwujudnya kalender normalisasi, sektor manufaktur, perdagangan, dan pariwisata mulai bangkit,” tambah Erdogan.

Pada Sabtu, Turki mengonfirmasi hampir 176.700 kasus Covid-19 sementara pemulihan melebihi 150 ribu. Virus ini membunuh hampir 4.800 orang di negara ini.

Sejak berasal dari China Desember lalu, pandemi ini telah merenggut lebih dari 430.500 nyawa di 188 negara dan wilayah. AS, Brasil, dan Rusia saat ini adalah negara-negara yang paling terpukul di dunia.

Sekitar 7,81 juta kasus telah dilaporkan di seluruh dunia, sementara sekitar 3,72 juta orang telah pulih sejauh ini, menurut angka yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins AS. []

[beritaislam.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini