Bertindak Seenak Dalang, Ustadz Tengku Sindir Siapa?

Bertindak Seenak Dalang

Beritaislam - Bertindak Seenak Dalang
.
Dalang adalah Orang yang memainkan Wayang di Layar Pertunjukan, sesuai dengan peranan Wayang masing masing, menurut Jalan Cerita yang telah digariskan. Jika Dalang memainkan para Wayang sesuai Jalan Cerita, maka Sang Dalang disebut DALANG PAKEM. Sangat jarang sekali Dalang memainkan cerita keluar dari PAKEM(Jalan Cerita yang Sebenarnya), karena hampir semua penonton juga paham jika Sang Dalang bertindak sesuai atau tidak dengan PAKEM itu.
.
Werkudoro atau Bima, (Gondo Mono Patih yg dianggap dalang atas kemarahan Werkudoro), tokoh Wayang dari Pendawa Lima. Beliau adalah Putera Pandu yang kedua setelah abang tertuanya, Yudistiro, alias Prabu Samiaji, Raja Pendawa. Keperkasaan beliau, sang Werkudoro di Medan Perang tidak diragukan lagi. .

Beliau lah tokoh yang berhasil membunuh tokoh PENJILAT BESAR, Sengkuni, dan Raja Kurawa, Prabu Duryudana.
.
Dikisahkan dalam pertempuran sengit Werkudoro, kesulitan membunuh Sengkuni karena kebal. Seluruh tubuhnya tdk mempan senjata. Akhirnya Beliau dapat nasehat dari Betoro Krisno utk merobek Sengkuni di duburnya dgn kuku ponconoko.Duburnya tdk kebal senjata. Tubuh Sengkuni bersimbah darah dgn dubur, mulut, dan tubuh robek robek, namun dia tdk kunjung mati juga. Sedangkan Prabu Duryudana yg luka parah di tangan Werkudoro, tdk kunjung mati juga. Keduanya baru mati setelah tubuh keduanya disatukan lewat mulut yg Sengkuni yg robek parah itu.
.
Menjadi aneh jika sang Dalang yg memainkan kisah pertempuran antara Werkudoro dan Sengkuni, menjadi marah. Saat Dalang memainkan adegan Sengkuni dibanting sekuat tenaga oleh Werkudoro, sang Dalang mendadak marah, lalu menghancurkan Wayang Sengkuni. Kemudian dgn marah besar sampai berdiri, sang Dalang juga menghancurkan Wayang Werkudoro dgn parahnya, bahkan kemudian membuangnya dari PANGGUNG PERTUNJUKAN .
Pertanyaannya, kenapa justru Dalang menjadi marah kepada Werkudoro, sang Pahlawan Besar penghancur kezaliman itu?
Apakah Sang Dalang pro Sengkuni, sang PENJILAT?
Atau lapar beliau...?
Tapi ya itu dia. Dlm dunia Wayang Sang Dalang lah Penguasa Jalan Cerita. Peduli amat dgn PENONTON? .
Soal PAKEM, Emeng Gue dipikirin?
.
Solok Selatan, 13 Maret, 2020,
Tengku Zulkarnain

beliau nyindir siapa ya???
[beritaislam.org]

Posting Komentar untuk "Bertindak Seenak Dalang, Ustadz Tengku Sindir Siapa?"

Banner iklan disini