Jika Khutbah Jum'at Lupa Baca Sholawat, Begini Kata Ustadz Abdul Somad

Jika Khutbah Jum'at Lupa Baca Sholawat, Begini Kata Ustadz Abdul Somad

Pendakwah nasional Ustadz Abdul Somad (UAS) pernah menyampaikan saat isi ceramah tentang rukun khotbah Jumat.

UAS membacakan pertanyaan yang diberikan jamaah tentang bagaimana jika Khotib Jumat salah satu rukun ada yang terlewat, apakah makmum boleh memberi tahu kepada khotib tersebut?


"Iya. Antum yang sedang duduk kasih tahu. Pak Khotib, itu lupa shalawat tadi," kata UAS dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube pada 18 September 2019.

Ada salah satu hadits yang mengatakan apabila Khotib Jumat sudah naik mimbar itu maka tidak boleh lagi bicara. Karena siapa yang bicara, maka sia-sia Jumat baginya.

UAS melihat hadits lain. Ia mengisahkan ketika Nabi Muhammad SAW sedang khotbah, tiba-tiba ada seorang laki-laki di pintu Masjid Nabawi.

"Halakatil amwaal. Unta kami sudah mati, kurma sudah kering, hancur kampung halaman kami. Berdoalah Yaa Rosulullah. Nabi tidak marah atau tidak mengatakan hei diam. Langsung Nabi mengangkat tangan doa istisqo meminta hujan saat khotbah Jumat. Artinya, jamaah boleh bicara kepada khotib," ujarnya.

UAS mengatakan rukun khotbah itu ada lima di antaranya membaca Alhamdulillah, sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, membaca ayat Alquran, wasiat takwa, doa untuk kaum muslim.

"Ini tentang masalah Khotbah Jumat menurut Mazhab Syafi'i. Tapi ada juga mazhab yang tidak pakai model lima (rukun khotbah) tadi, yang penting asal ada wasiat takwa di dalamnya, cukup," kata UAS.

UAS sendiri mengamalkan Mazhab Imam Syafi'i selalu membaca lima rukun khotbah Jumat tadi baik khotbah pertama dan kedua.

"Makanya, saya khotbah kedua tidak campur lagi Bahasa Indonesia, murni Bahasa Arab dan tidak saya ubah-ubah," tuturnya.

Sebelumnya juga beredar video Ustadz Abdul Somad yang menjelaskan tentang apa saja rukun khutbah Jum'at.

Beliaupun menyampaikan 5 Rukun Khutbah yaitu 1. Alhamdulillah (membaca Hamdalah) 2. Washolatu wasallamu 'ala rasulillah (sholawat) 3. Yaa Ayyuhaladzina aamanuttaqullah (membaca ayat alqur'an) 5. uusikum wanafsi bitaquwallah (wasiat taqwa kepada jama'ah) 5. Allahummaghfirlilmuslimina wal muslimat (do'a). Kemudian duduk menunggu Khutbah ke dua.

Kemudian berdiri lagi, membaca seperti pada khutbah pertama, yaitu 1. Hamdallah, 2. Sholawat, 3 Baca Ayat, 4. Wasiat taqwa 5. Baca do'a Allahummaghfirl lil muslimiina wal muslimat. Selesai.

Diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi untuk pertama kalinya mengisi khotbah Jumat di Masjid Istiqlal pada Jumat, 1 November 2019 lalu. Akan tetapi, khotbah yang disampaikannya menjadi sorotan karena dianggap tidak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Posting Komentar untuk "Jika Khutbah Jum'at Lupa Baca Sholawat, Begini Kata Ustadz Abdul Somad"

Banner iklan disini