Nasihat Nasrudin Joha Untuk Muslimah Yang Belum Menikah





Nasihat Untuk Muslimah Yang Belum Menikah

NASEHAT UNTUK MUSLIMAH YANG BELUM MENIKAH

Olah : Nasrudin Joha 

Nduk, hidup itu memang sebuah siklus. Ada fase kehidupan yang belum tentu datang, tapi pasti pergi. Sejak lahir, tak semua bertumbuh menjadi remaja dan dewasa. Bagi yang remaja dan dewasa, pasti akan menua hingga menjadi renta.

Ada yang lahir, tak sempat dewasa karena ajal telah menjemput. Ada yang dewasa, sempat tua, dan akhirnya ajal pun datang menjemput.

Begitu juga dalam urusan rumah tangga. Ada yang tak sempat merengkuhnya, ada juga yang mengukir mahligai dengan kepastian juga akan dipisahkan. Ajal, adalah batasan dari fase kehidupan semu menuju kehidupan abadi.

Nduk, Denok cah ayu yang shalihah. Rasulullah SAW telah mengabarkan, bahwa hidup kita hanya untuk menghamba, beribadah kepada-Nya. Adakalanya ibadah itu sampai pada fase tertentu, ada kalanya ibadah itu berhenti pada fase tertentu. Dan kematian, adalah fase akhir dalam peribadatan kita kepada sang Khalik.

Iya, ada amalan yang tetap abadi, meski jiwa kita telah mati, raga kita telah berkalang tanah. Itulah amal jariyah.

Dan jodoh, adalah salah satu yang menjadi wasilah untuk mendapatkan pahala jariyah, atas amanah anak anak yang sholeh dan sholehah. Bapak tahu itu, ibu tahu itu, engkau pun tahu, memang kami berharap itu segera berlaku untukmu, sebagaimana engkau juga mendamba akan mahligai rumah tangga.

Nduk, setiap kita mampu berikhtiar, tapi tak satupun dari kita mampu menulis takdir. Berhusnudz dzan lah kepada Allah SWT, karena Dia telah berkenan menulis takdir menciptakan kita, sehingga kita bisa mengabdi dan beribadah kepada-Nya.

Jodoh itu bukan soal cepat atau terlambat, bukan soal sekarang atau nanti, jodoh itu soal ketetapan yang telah ditulis di Lauhul Mahfudz, sementara manusia hanya diminta menjalani. Tidak ada yang terlambat menikah, karena itulah ketetapan jodohnya. Tidak ada pula terlalu dini menikah, karena semua sudah pula ditetapkan.

Nduk cah ayu, wanita sholehah yang semoga Rahmat Allah SWT selalu menaungimu. Jika engkau inginkan jodoh lelaki sholeh, jadilah wanita yang sholehah. Sebab, lelaki yang sholeh juga hanya mencari istri wanita sholehah.

Jika engkau berazam ingin mengunggah ketaatan pada suamimu kelak, taatilah perintah Tuhan-Mu. Karena seikhlas taat mu pada Rabb mu, kelak itu akan membimbingmu menjadi istri yang mampu taat pada suami.

Jika engkau mendamba ingin menjadi ibu dan pengurus rumah tangga, penuhilah dirimu dengan lautan ilmu. Karena anak yang sholeh dan sholehah, tak akan pernah lahir dari rahim yang jahil lagi papa akan asuhan ilmu.

Jika engkau ingin memuliakan diri dengan rumah tangga, muliakanlah akhlak mu dengan ketaatan yang paripurna. Kerjakan, semua perintah-Nya. Tinggalkan, semua larangan-Nya.

Jodoh itu akan mendatangimu, dari arah yang tidak disangka. Sibukan dirimu dengan taqwa, hiasi tiaramu dengan akhlak mulia, biarkan Allah SWT menunaikan apa yang telah menjadi janji-Nya.

Nduk, ingatlah. Kehidupan yang sesungguhnya itu di surga. Maka berbekalah untuk kesana. Tak ada kebahagiaan yang bisa menyamai indahnya surga.

Nduk, jadilah anak sholehah. Bantu kami, ayah dan ibumu memiliki mu sebagai perbendaharaan pahala jariyah. Kami, menyayangi dan mengasihimu karena Allah. [].

Banner iklan disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nasihat Nasrudin Joha Untuk Muslimah Yang Belum Menikah"

Posting Komentar