Perbedaan Khalifah Umar bin Khattab dan Yang Katanya Mirip Khalifah Umar


Prbedaan Jokowi dan Umar bin Khattab

Beritaislam - Sebelumnya ramai pemberitaan kemiripan Jokowi dengan Umar bin Khattab, Jokowi diklaim mirip Umar karena bagi-bagi sembako.

Baca: Bagi-bagi Sembako di Pinggir Jalan, Jokowi Disebut Mirip Umar Bin Khattab?

Perbedaan Khalifah Umar bin Khattab dengan orang yang diklaim seperti Umar bin Khattabadalah sebagai berikut:

Prbedaan Jokowi dan Umar bin Khattab

"Ada yg disamain dgn Khalifah Umar Bin KhattabOrnamen tanda tanya merah
Ini perbedaannyaWajah meringis

~ Umar gak legalkan Riba
~ Istri Umar menutup aurat
~ Umar benci penghina Rasulullah
~ Umar seorang khalifah
~ Umar ditakuti syaitan
~ Umar terkenal pemberani sederhana adil n tegas
~ Umar tidak ingkar janji" seperti ditulis pemilik akun twitter. @sohib212reborn

"Dari kemarin, Mimin perhatiin rame banget di sosmed tentang kemiripan seseorang dengan Amirul mukminin Khalifah Umar bin Khattab.
Hmmmm.
Cek nih perbedaannya yaa kawan.. Boleh juga kawan2 tambahin lagi perbedaan kebijakan MENCOLOK lainnya....."

Perbedaan Khalifah Umar bin Khattab dan Yang Katanya Mirip Khalifah Umar



BEDA Khalifah Umar dengan Yang Diklaim Mirip Khalifah


Begitu tau rakyatnya kelaparan, malam itu juga Umar memikul karung gandumnya sendirian tanpa nunggu di sablon.

Ini kisahnya yang sangat masyhur...

Suatu masa tanah Arab pernah mengalami paceklik yang amat memprihatinkan. Hujan lama tak turun. Lahan menjadi tandus. Tanaman warga tak bisa dipanen karena kering kerontang. Jumlah hewan ternak yang mati juga sudah tak dapat dihitung. Keputusasaan mendera hampir di seluruh masyarakat. Masa itu dikenal dalam sejarah sebagai 'Tahun Abu', karena lamanya kemarau.

Untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh rakyatnya, Khalifah Umar Bin Khattab tak segan masuk keluar kampung.

Pada suatu malam Khalifah Umar yang ditemani pembantunya Aslam mengunjungi sebuah perkampungan terpencil yang terletak di tengah gurun sepi. Saat memasuki daerah tersebut mereka terkejut saat mendengar isak tangis dari sebuah gubuk tua. Mereka pun bergegas mendekati gubuk tersebut untuk memastikan suara apakah itu.

Setelah mendekat, Khalifah melihat seorang perempuan tua sedang memasak. Asap mengepul dari panci yang ia aduk. Sementara di sampingnya tampak seorang anak perempuan yang masih saja menangis. Karena penasaran Umar pun meminta izin untuk masuk.

“Assalamu’alaikum,” Umar memberi salam.

Mendengar salam tersebut, si Ibu hanya sekedar menoleh dan kembali melanjutkan aktifitasnya.

“Siapa yang tengah menangis, apakah dia sakit?” tanya Umar.

“Anakku. Dia tidak sedang sakit. Ia hanya sedang kelaparan” jawab perempuan tanpa menoleh ke arah Umar.

Khalifah Umar dan Aslam terperanjat. Mereka terdiam. Hingga akhirnya keduanya memilih untuk tetap berada di rumah tersebut. Umar dan Aslam duduk hingga satu jam lamanya. Sepanjang itu pula si perempuan tua masih saja mengaduk panci dengan sendok panjangnya. Dan sepanjang itu pula si anak perempuan terus menangis.

“Apa yang sedang engkau masak, wahai Ibu? Kenapa masakanmu tidak kunjung matang?” tanya Khalifah Umar penasaran.

“Ayo kemari, coba engkau lihat sendiri,” kata perempuan tua tersebut sambil menoleh ke arah Umar dan Aslam.

Umar dan Aslam segera mendekat ke arah panci dan melihat ke dalamnya. Namun alangkah terkejutnya Umar saat melihat isi panci tersebut.

“Engkau merebus batu?” tanya Umar tidak percaya.

Perempuan itu hanya menganggukkan kepala.

“Aku melakukan ini agar anak-anakku terhibur. Agar mereka mengira aku sedang memasak. Sebagai seorang janda miskin apa yang bisa aku lakukan. Meminta anak-anakku berpuasa dan berharap seseorang mengantarkan makanan untuk berbuka. Tapi hingga magrib tiba tak seorang pun yang datang. Anakku tertidur karena mereka kelelahan setelah seharian menangis,” cerita si ibu.

Khalifah Umar terperanjat. Tak ada kalimat yang bisa diucapkan. Umar merasa bersalah karena masih ada rakyatnya yang menangis karena kelaparan.

“Seperti inilah yang telah dilakukan Khalifah Umar kepadaku. Dia membiarkan kami kelaparan. Ia tidak mau melihat ke bawah, memastikan kebutuhan rakyatnya sudah terpenuhi atau belum,” tutur si Ibu. Ibu ini tidak tahu kalau yang tengah berkunjung itu adalah Khalifah Umar.

“Umar bin Khattab bukanlah pemimpin yang baik. Ia tidak mampu menjamin kebutuhan rakyatnya,” kata si Ibu.

Mendengar penuturan Ibu ini, Aslam ingin menegur namun dihalangi oleh Umar. Khalifah segera bangkit dan meminta izin kepada si Ibu. Dengan air mata berlinang ia mengajak Aslam untuk bergegas segera kembali ke Madinah. Tanpa beristirahat, Umar segera mengambil gandum lalu memikulnya sendiri.

“Wahai Amirul Mukminin, biarlah saya saja yang memikul karung tersebut,” pinta Aslam yang tak tega melihat Amirul Mukminin yang tampak kelelahan.

Mendengar permintaan tersebut Umar bukannya senang melainkan marah. Mukanya merah padam.

Umar menjawab, “Wahai Aslam, apakah engkau mau menjerumuskan aku ke dalam api neraka?! Apakah engkau kira setelah menggantikan aku memikul karung ini maka engkau akan memikul bebanku nanti di akhirat kelak?!”

Aslam tertunduk mendengar perkataan Khalifah Umar. Sembari terseok-seok, Khalifah Umar mengangkat karung itu dan diantarkan ke tenda tempat tinggal wanita itu.

Sesampai di sana, Khalifah Umar menyuruh Aslam membantunya menyiapkan makanan. Khalifah sendiri memasak makanan yang akan disantap oleh wanita itu dan anak-anaknya.

Khalifah Umar segera mengajak keluarga miskin tersebut makan setelah masakannya matang. Melihat mereka bisa makan, hati Khalifah Umar terasa tenang.

Makanan habis dan Khalifah Umar berpamitan. Dia juga meminta wanita tersebut menemui Khalifah keesokan harinya.

"Berkatalah yang baik-baik. Besok temuilah Amirul Mukminin dan kau bisa temui aku juga di sana. Insya Allah dia akan mencukupimu," kata Khalifah Umar.

Keesokan harinya, wanita itu pergi menemui Amirul Mukminin. Betapa kagetnya si wanita itu melihat sosok Amirul Mukminin, yang tidak lain adalah orang yang telah memasakkan makanan untuk dia dan anaknya.

"Aku mohon maaf. Aku telah menyumpahi dengan kata-kata dzalim kepada engkau. Aku siap dihukum," kata wanita itu.

"Ibu tidak bersalah, akulah yang bersalah. Aku berdosa membiarkan seorang ibu dan anak kelaparan di wilayah kekuasaanku. Bagaimana aku mempertanggungjawabkan ini di hadapan Allah? Maafkan aku, ibu," kata Khalifah Umar.

Itulah salah satu kisah masyhur yang memperlihatkan bagaimana Umar begitu bertanggung jawab menjadi seorang pemimpin. Ia bahkan menangis ketika melihat rakyatnya kelaparan. Apa yang dilakukan Umar sepatutnya menjadi teladan bagi siapa saja yang diamanahi tampuk kepemimpinan. Lewat kisah di atas Umar juga secara tak langsung juga mengajarkan bagaimana cara melakukan blusukan yang benar.[]

[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Khalifah Umar bin Khattab dan Yang Katanya Mirip Khalifah Umar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini