Sholawat Ibrahimiyah, Afdlalus Sholawat ‘ala Sayyidis Sadat Syekh Yusuf An-Nabhani

Sholawat Ibrahimiyah

Beritaislam - Sholawat Ibrahimiyah biasa dibaca seluruh umat Islam saat tasyahud akhir atau tahiyyat di dalam sholat. Namun selain dibaca di dalam sholat, sholawat ibrahimiyyah boleh saja di baca sewaktu-waktu ketika luang atau saat berdzikir.

Merupakan sholawat yang langsung ditujukan kepada TRasulullah Muhammad dan bapak para Nabi yakni nabi Ibrahim 'alaihissalam.

Para ulama banyak yang mengistimewakan sholawat ini karena adanya kesepakatan atas sahih-nya riwayat hadits ini. Diantaranya para ahli hadits ialah Imam Malik dalam kitab Muwaththa’, Imam Bukhari dalam Shahih Bukhori, Imam Muslim dalam Shahih Muslim. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, al-Hafidz al-’Iraqi dan al-Hafidz as-Sakhawi juga meriwayatkannya. Beliau para ahli hadits menyatakan bahwa hadits tentang Sholawat Ibrahimiyah telah disepakati kesahihannya.


Di samping itu, Imam Nawawi pernah berkata bahwa dinamakan Sholawat Ibrahimiyah karena sholawat tersebut merupakan bentuk sholawat yang sempurna, sholawat paling utama. Sholawat ini bila diamalkan bisa memberikan pengaruh yang besar bagi pembacanya. Terlebih saat diamalkan secara istiqomah bagi yang mempunyai hajat untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Selain itu, keistimewaan yang ada pada sholawat ini adalah sholawat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW secara langsung.

Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani dalam Afdlalus Sholawat ‘ala Sayyidis Sadat mengatakan bahwa sholawat Ibrahimiyah adalah sholawat yang paling sempurna shighatnya dibanding sholawat lainnya, baik yang ma’tsûrah (diriwayatkan dari Nabi SAW) maupun yang tidak ma’tsûrah.

Imam Ahmad As-Shawi menukil akan sebuah hadits riwayat dari Imam Bukhari dimana Rasulullah SAW bersabda :

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له

Artinya: “Barangsiapa yang membaca sholawat ini (Sholawat Ibrahimiyah) maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafa'at baginya.”

Berikut adalah bacaan Sholawat Ibrahimiyah beserta artinya

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَاركْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل سَيِّدِنَا إِبرَاهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allohumma sholli ‘alaa sayyidina muhammadin wa’alaa aali sayyidina muhammadin kamaa shollaita ‘alaa sayyidina ibraahiima wa’alaa aali sayyidina ibrahiima wabaarik ‘alaa sayyidina muhammadin wa’alaa aali sayyidina muhammadin kamaa baaraqta ‘alaa sayyidina ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Afdlalus Sholawat ‘ala Sayyidis Sadat Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani

Bagi teman-teman yang tertarik untuk order kitab Sholawat Afdlalus Sholawat ‘ala Sayyidis Sadat Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani terjemahan Bahasa Indonesia, silakan klik wa di bawah ini.



[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Sholawat Ibrahimiyah, Afdlalus Sholawat ‘ala Sayyidis Sadat Syekh Yusuf An-Nabhani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini