Kasus Percobaan Pencurian Jasad Nabi Muhammad ﷺ, Mimpi Sultan Kenyataan

makam rasulullah abu bakar dan umar
Makam Rasulullah, Abu Bakar dan Umar bin Khattab

Beritaislam - Kejadian besar ini terjadi di tahun 1164 masehi atau 557 Hijriah. Yaitu saat masa pemerintahan Sultan Nuruddin  Mahmud  Zanki. Pada suatu malam, Sultan Nuruddin bermimpi dalam tidurnya setelah shalat tahajjud

Ketika dalam mimpinya tersebut, Sultan melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam mengisyaratkan kepadanya tentang dua orang berambut pirang,seraya mengatakan, “Selamatkan aku! Selamatkan aku dari dua orang ini!

Maka dia bangun dari tidurnya dengan keadaan takut. Kemudian dia berwudhu dan shalat lagi, lalu tidur. Dalam tidurnya ini juga bermimpi tentang hal yang sama, maka dia pun bangun, lalu berwudhu dan shalat lagi


Kemudian ketika tidur, dia juga bermimpi hal yang sama untuk ketiga kalinya, maka Sultan bersegera bangun dan mengatakan, “Tidak mungkin aku tidur lagi.”

Sultan Nuruddin memiliki menteri yang terkenal, bernama Jamaluddin Al Mushili. Maka dipanggillah menterinya itu pada malam itu juga sebelum Subuh, dan menceritakan kepadanya apa yang dilihatnya dalam mimpi, dan mengatakan kepadanya, “Rahasiakan apa yang aku ceritakan kepadamu.”

Maka Sultan dan menterinya bersama rombongan pergi ke Madinah dengan membawa banyak harta. Perjalanan ini ditempuh selama 16 hari.

Ketika sampai di Madinah, Sultan Nuruddin mandi di luar masjid,kemudian masuk masjid Nabawi untuk sahalat diraudhah, lalu berziarah ke makam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam. Kemudian dia duduk dan tidak mengerti apa yang akan dilakukan.

Maka sang menteri berkata kepadanya, “Apakah engkau mengenali dua orang itu jika melihat keduanya?” Ia berkata, “Ya.” Lalu ketika penduduk Madinah berkumpul di masjid, sang menteri mengatakan..

..“Sesungguhnya Sultan bermaksud ziarah ke makam Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam dan membawa banyak harta untuk disedekahkan. Maka tulislah orang-orang yang ada di sekitar kalian!”

Lalu mereka menulis seluruh nama penduduk Madinah, dan Sultan Nuruddin menyuruh agar menghadirkan mereka. Ketika mereka berkumpul untuk mengambil permberian dari Sultan, maka setiap orang yang hadir diperhatikan oleh Sultan untuk menemukan kemiripan dgn 2 kepala di mimpinya

Namun Sultan tidak mendapatinya sama sekali. “Apakah masih ada yang tersisa seseorang yang belum mengambil sedekah?”
.
Mereka menjawab, “Tidak!”
.
“Cobalah pikirkan sekali lagi!” kata Sultan. .

Maka mereka mengatakan, “Tidak tersisa seorang pun kecuali dua orang dari Maghribi yang tidak mengambil pemberian dari siapapun.  Keduanya adalah orang shalih dan kaya serta banyak memberikan sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan"

Maka Sultan Nuruddin menjadi lega dadanya, lalu dia mengatakan, “Datangkanlah kedua orang itu kepadaku.”

Pada saat keduanya datang,Sultan melihat bahwa keduanya sama dengan ciri-ciri yang diisyaratkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam kepadanya di  dalam mimpinya dengan mengatakan, “Selamatkan aku dari kedua orang ini.”

Maka Sultan mengatakan kepada keduanya, “Darimanakah kalian?” Keduanya menjawab, “Dari daerah Maghribi. Kami datang untuk haji, dan pada tahun ini kami memilih tinggal di tempat yang dekat makam Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam.”

Sultan berkata, “Jujurlah kalian!” Tapi keduanya diam membisu, maka Sultan berkata, “Di mana tempat tinggal kalian?” Lalu Sultan diberitahu bahwa keduanya tinggal di pondokan dekat makam Rasul.

Maka Sultan memegang keduanya untuk dibawa ke tempat tinggal keduanya, dan di sana Sultan mendapati banyak harta, dua koper dan kitab-kitab tentang kelembutan hati, namun tidak melihat sesuatu pun yang selain itu.

Lalu penduduk Madinah banyak memuji kedua orang tersebut dengan mengatakan, “Keduanya rajin puasa, selalu shalat di raudhah, ziarah ke makam Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam dan ke Baqi’ setiap pagi, datang ke masjid Quba’ setiap Sabtu..

.dan tidak pernah menolak orang yang meminta sama sekali.keduanya menutupi kebutuhan penduduk Madinah pada tahun paceklik ini.”
Maka Sultan mengatakan, “Subhanallah!”

Lalu Sultan mengelilingi rumah sendiri, kemudian mengangkat tikar yang terdapat di dalam rumah, betapa kagetnya, Sultan melihat galian terowongan ke arah kamar makam Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam...

maka bergemetarlah manusia karena itu. Ketika itulah Sultan dengan marah mengatakan, “Jujurlah kalian berdua!!"

Sultan memukul keduanya dengan sangat keras. Maka keduanya mengaku bahwa keduanya adalah orang kafir yang diutus oleh orang-orang dari negerinya dengan berpenampilan jamaah haji dari Maghribi serta dibekali banyak harta, dan diperintahkan untuk melakukan pencurian jasad Rasul

Demi melancarkan aksinya, keduanya bertempat di rumah yang paling dekat ke makam Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam dan melakukan penggalian terowongan pada malam hari, di mana masing-masing dari mereka membawa tas koper kulit dan busana Maghribi.

Lalu tanah yang terkumpul dimasukkan ke dalam koper, dan keduanya keluar seraya menampakkan ziarah ke Baqi’ dengan maksud sebenarnya adalah membuang tanah hasil galian ke pemakaman Baqi’.

Demikian itulah muslihat jahat yang dilakukan keduanya dalam tempo cukup lama dengan harapan bisa memindahkan jasad Nabi Shallallahu ‘alahi Wassallam agar bisa dibawa ke negeri mereka.

Hingga ketika galian keduanya telah mendekati makam Nabi Shallallahu ‘alaihi Wassallam, maka langit bergemuruh petir dan terjadilah guncangan besar.

Paginya Sultan Nuruddin datang untuk menangkap kedua orang tersebut. Ketika keduanya mengaku dan nampak bukti-bukti perbuatan keduanya, maka Sultan memerintahkan keduanya dihukum mati yang eksekusinya dilakukan di bawah jendela di samping makam Rasulullah

Kemudian Sultan kembali lagi ke negerinya, dan memerintahkan untuk melemahkan kaum asal kedua orang tersebut dan tidak memberikan kepada orang kaumnya pekerjaan apa pun dalam pemerintahan, disamping itu juga memerintahkan untuk menaikkan semua pajak thdp mereka

Dikutip dari kitab Wafa’ Al Wafa karya Ibnul Jauzi 2: 648-650.

Sumber:
[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Kasus Percobaan Pencurian Jasad Nabi Muhammad ﷺ, Mimpi Sultan Kenyataan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini