Tolak Ustadz Abdul Somad, UGM Disebut 'Universitas Gadjah Mati'





Universitas Gadjah Mati

Rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, membatalkan kuliah umum Ustadz Abdul Somad. Rencananya kuliah umum tersebut akan digelar di ruang utama Masjid Kampus UGM pada Sabtu (12/10/2019).


Kabar penolakan UGM atas Kedatangan UAS tersebut menuai kritik masyarakat, Bahkan tadi malam 9/9/2019 Tagar #UniversitasGajahMati juga sempat trending tropik.

Hal ini dikarenakan karena kekecewaan warganet atas ditolaknya UAS atau Ustadz Abdul Somad di UGM.

Malah seorang bernama Endro Dwi Hatmanto mengatakan bahwa UGM sebagai Universitas Gadjah Mati.

Universitas seharusnya menjadi lembaga untuk memperdebatkan berbagai gagasan yang berbeda.

Universitas yang tidak memiliki keberanian mendialogkkan perbedaan pandangan adalah universitas pengecut. Tentu dia bukan sang Gadjah Ganesha yang menghidupkan semangat berdialog dan berdebat untuk menggapai pengetahuan. Dia gadjah yang telah mati. Universitas Gadjah Mati katanya

Berikut tulisan lengkapnya yang diterima beritaislam.org pada 10/10/2019.

UNIVERSITAS GADJAH MATI

Gajah atau Ganesha adalah simbol pengetahuan. Ganesha sering digambarkan memegang cawan. Cawan melambangkan ilmu yang tiada habis-habisnya yang dihimpun pada diri Ganesha.

Dalam konteks modern, universitaslah lembaga yang mengembangkan pengetahuan. Pengetahuan diproduksi melalui spirit terus bertanya dan mencari. Maka prosesnya disebut "research" (dari kata "re" dan "search" -terus mencari pengetahuan untuk menemukan kebenaran).

Berbagai gagasan, ide, premis dan teori dikontestasikan dalam universitas. Perbedaan pendapat itu biasa. Pertarungan gagasan bahkan harus disajikan ketika para sarjana menulis "literature review".

Universitaslah yang seharusnya menjadi lembaga untuk memperdebatkan berbagai gagasan yang berbeda.

Universitas yang tidak memiliki keberanian mendialogkkan perbedaan pandangan adalah universitas pengecut. Tentu dia bukan sang Gadjah Ganesha yang menghidupkan semangat berdialog dan berdebat untuk menggapai pengetahuan. Dia gadjah yang telah mati. Universitas Gadjah Mati.

(Endro Dwi Hatmanto)
Banner iklan disini

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tolak Ustadz Abdul Somad, UGM Disebut 'Universitas Gadjah Mati'"