Pendaki Everest yang Fotonya Dicomot Orang Majalaya Angkat Suara

Foto Istimewa

Beritaislam - Viral di Twitter tentang orang Majalaya yang mengaku sampai puncak Everest, tapi fotonya mengambil foto orang lain. Sang pemilik foto pun angkat suara.

Sebelumnya ramai di Twitter, akun bernama Igoen Anindya, membuat utas tentang keponakannya yang berhasil summit ke Labuch East Everest. Dalam ceritanya Igoen menuliskan bahwa sang keponakan, Andika summit ke Everest pada bulan Oktober. Singkat cerita Andika berhasil mencapai Labuche East Summit.

Selain berfoto, Andika juga merekam dirinya dan mendapatkan sertifikat bukti sudah telah menjejak atap dunia tersebut. Namun, muncullah seorang pendaki bernama Mamet Isa Baharudin mengaku bahwa foto tersebut adalah dirinya.

Kisah penggunaan foto dirinya secara tidak bertanggung jawab itu pun viral. Si pemilik foto, Andika Kusuma Wardhana pun angkat suara. Dia bercerita awal mula pendakiannya pada tanggal 19 September silam.

"Jadi saya berangkat ke Nepal untuk tujuan mendaki Lobuche East Peak dan saya memakai agen perjalanan Himalayan Masters Adventure. Saya diberi tahu bahwa ada pendaki Indonesia lain yang akan berangkat, namanya Kang Memet. Kebetulan juga memakai agen pendakian yang sama yaitu Himalayan Masters Adventure," kata Andika saat dihubungi detikcom, Minggu (18/12/2022).

"Jadi kami dijadikan satu jadwal oleh Himalayan Masters. Pendakian dimulai tanggal 19 September 2022 dan saya berhasil mencapai puncak Lobuche East tanggal 29 September 2022," tambahnya.

Terkait dengan viralnya tentang fotonya yang dipakai secara tidak bertanggung jawab, Andika mengetahui mulanya dari temannya.

"Saya tahu foto saya dipakai dari teman saya. Dia menemukan beberapa media membuat berita dengan mencantumkan foto saya namun mengatasnamakan orang lain," katanya.

Andika ternyata telah melakukan komunikasi via Whatsapp dengan pendaki yang disebut-sebut memakai fotonya. Dia berharap adanya permintaan maaf dan klarifikasi.

"Sudah ada komunikasi lewat Whatsapp, tapi belum ada yang klarifikasi. Saya ingin cukup klarifikasi dan permintaan maaf dari pihak yang mencantumkan foto tersebut di artikel yang salah," ujar dia.

Saat dihubungi, pendaki yang mencomot foto Andika pun mengatakan bahwa kesalahan tersebut bukanlah dari dia.

"Katanya itu bukan kesalahan dia yang mencantumkan foto tersebut dan dia juga membagikan klarifikasi dari salah satu situs yang memuat foto tersebut," kata Andika. (detikcom)

[beritaislam.org]

Posting Komentar untuk "Pendaki Everest yang Fotonya Dicomot Orang Majalaya Angkat Suara"

Banner iklan disini