Jhonny Ganti Nomor Amerika Setelah Diretas, Fadli Zon: Dia Saja Tidak Percaya Telepon Indonesia

Jhonny Ganti Nomor Amerika Setelah Diretas, Fadli Zon: Dia Saja Tidak Percaya Telepon Indonesia


Beritaislam - Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon menyentil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate yang langsung mengganti nomor ponselnya dengan kode telepon Amerika Serikat setelah data pribadinya dibocorkan oleh hacker bernama Bjorka.

Menurut Fadli, sikap Johnny justru menunjukan pemerintah sendiri tak percaya dengan keamanan siber di dalam negeri.

"Punyanya Menkomifo saja saya lihat kan ada nomornya ganti, kalau tidak salah sekarang ganti nomor pakai nomor Amerika +1, kan artinya tidak ada kepercayaan juga kalau kita pakai +62 (kode telepon Indonesia)," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2022).

Fadli lantas mempersoalkan, jika pejabat dan pemerintah bisa dengan mudahnya tak percaya, bagaimana dengan masyarakat yang masih memakai nomor ponsel Indonesia.

"Kalau Menkominfo saja pakai nomor Amerika, bagaimana rakyat? Kan tidak ada kepercayan terhadap nomor kita yang ada di dalam negeri," kata Fadli.

Menurut politisi Partai Gerindra itu, permasalahan keamanan siber di Indonesia sudah sangat serius. Kemunculan hacker seperti Bjorka yang membongkar data pribadi para pejabat menunjukan kelemahan sistem keamanan siber di dalam negeri.

"Dalam konteks dunia siber, ini seperti terra incognito, seperti negara tak bertuan, mudah sekali diretas, dibobol, diintervensi. Ini persoalan yang sangat serius karena menyangkut harga diri," kata Fadli.

Nama Bjorka belakangan menjadi perbincangan karena berhasil meretas sejumlah data siber milik kementerian dan lembaga. Bahkan juga meretas data pribadi Presiden Joko Widodo.

Bjorka juga membeberkan data pribadi Menkominfo Johnny G. Plate di media sosial sambil mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sekjen Partai NasDem itu. Tak sampai sehari, Johnny langsung mengganti nomor ponselnya.


[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Jhonny Ganti Nomor Amerika Setelah Diretas, Fadli Zon: Dia Saja Tidak Percaya Telepon Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini