Kerugian-kerugian Jika Ibu Kota Pindah





Ibu Kota Pindah

Pemindahan Ibu Kota juga tidak selamanya menimbulkan dampak positif, pemindahan ibu kota ini juga pastinya akan menimbulkan dampak negatif yang besar.


Mungkin jika dilihat dari segi positif perekonmian dan pembangunan penduduk di luar Jawa akan merata. Namun dampak negatifnya juga akan jauh lebih banyak.

Bahkan hingga bisa saja menyebabkan kerugian besar bagi Indonesia. Nah berikut merupakan kerugian besar yang akan didapatkan Indonesia jika ibu kota benar-benar akan dipindahkan ke Kalimantan.

1. Konflik Budaya

Jakarta dan Kalimantan itu sangat jauh berbeda budayanya, maka sangat berdampak serius jika budaya Jakarta terbawa hingga kalimantan.

Sebab bisa saja menimbulkan konflik dengan penduduk asli kalimantan. Yang harus kalian ketahui budaya Kalimantan itu masih sangat kental.

2. Kerusakan Lingkungan Besar-besaran

Hutan kalimantan merupakan Amazon-nya Indonesia jadi bisa kalian bayangkan, pemindahan ibu kota Indonesia pastinya akan banyak sekali pembangunan gedung pemerintahan disana.

Tidak menutup kemungkinan memang jika pemindahan ibu kota ini akan merusak lingkungan. Belum lagi bakalan banyak didirikan pabrik-pabrik yang bisa mencemari lingkungan.

3. Hutang Negara Semakin Bertambah

Jika seandainya pemindahan ibu kota betul-betul direalisasikan, tentu itu akan memakan anggaran sangat banyak. Tak ada jalan lain selain meminjam uang lagi untuk pembangunan ibu kota baru.

Dan itu artinya Indonesia akan kembali berhutang untuk pembangunan ibu kota baru.

4. Meningkatkan Inflasi

Pemindahan ibu kota bisa memicu urbanisasi besar-besaran. Dampaknya bisa menimbulkan melonjaknya harga kebutuhan pokok.

Akibatnya perekonmian akan menjadi tidak stabil, sementara kemampuan membeli masyarakat masih rendah. Pada akhirnya akan terjadi inflasi naik.

5. Perekonomian Bisa Dikuasai Asing

Tak menutup kemungkinan sumber daya alam, sumber daya manusia akan dikuasai sepenuhnya oleh asing, sementara rakyat sendiri tidak sejahtera. [id]
Banner iklan disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kerugian-kerugian Jika Ibu Kota Pindah"

Posting Komentar