Diidap Rudy Salam Selama 7 Tahun, Ini 8 Kemungkinan Penyebab Depresi

Rudy Salam, kakak Roy Marten meninggal dunia di usia 73 tahun. Foto: dok. Instagram Runa Salam

Beritaislam - Aktor pesohor sekaligus kakak dari Roy Martin, Rudy Salam telah berpulang pada usia 73 tahun, Jumat kemarin (18/11/2022). Sebelum meninggal, pria kelahiran 1948 tahun itu sempat mengidap depresi dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini diungkapkan langsung oleh istri Rudy, Marina Gardena.

"Dia itu sebetulnya depresi sudah tujuh tahun. Sudah nggak bisa jalan, dia memang di rumah aja gitu. Kalau dibilang sakitnya apa ya nggak ada," ujar Marina Gardena di rumah duka, Jumat (18/11).

Hingga kini, keluarga tidak ada yang mengetahui apa pemicu depresi yang dirasakan oleh Rudy Salam. Bahkan, istrinya mengatakan kalau Rudy Salam adalah orang introvert dan tidak banyak bicara soal penyakitnya. Meski begitu, ia menyadari suaminya tetaplah seorang yang humoris.

"Dia itu sebetulnya depresi sudah tujuh tahun. Sudah nggak bisa jalan, dia memang di rumah aja gitu. Kalau dibilang sakitnya apa ya nggak ada," sambungnya.

Penyebab Depresi
Depresi termasuk bagian dari gangguan psikologis terkait perubahan suasana hati. Hal ini dapat ditandai dengan perasaan sedih, marah,dan murung yang mengganggu aktivitas sehari-hari pengidapnya.

Orang dengan depresi biasanya memiliki kebencian mendalam terhadap diri dan merasa dirinya tidak berharga. Hal ini tentunya berbeda dengan kesedihan yang muncul akibat peristiwa traumatis.

Adapun kondisi depresi dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti:

1. Kadar zat kimiawi (Brain Chemistry) otak yang tidak stabil. Zat ini mengatur suasana hati, pikiran, tidur, nafsu makan, dan perilaku pada orang yang mengalami depresi.
2. Tingkat hormon. Perubahan hormon wanita estrogen dan progesteron selama periode waktu yang berbeda, misalnya siklus menstruasi, periode pascapersalinan, perimenopause, atau menopause.
3. Riwayat kesehatan keluarga. Seseorang berisiko lebih tinggi mengalami depresi jika memiliki riwayat keluarga depresi atau gangguan mood lainnya.
4. Trauma masa kecil. Beberapa peristiwa memengaruhi cara tubuh bereaksi terhadap ketakutan dan situasi stres.
5. Struktur otak. Ada risiko depresi yang lebih besar jika lobus frontal otak kurang aktif. Namun, para ilmuwan tidak tahu apakah ini terjadi sebelum atau setelah timbulnya gejala depresi.
6. Kondisi tertentu, seperti penyakit kronis, insomnia, nyeri kronis, penyakit Parkinson, stroke, serangan jantung, dan kanker, mungkin menempatkan seseorang pada risiko yang lebih tinggi terkena depresi.
7. Penyalahgunaan zat atau alkohol.
8. Orang yang merasakan sakit fisik emosional atau kronis untuk jangka waktu yang lama secara signifikan lebih mungkin mengalami depresi.

(detikcom)

[beritaislam.org]

Belum ada Komentar untuk "Diidap Rudy Salam Selama 7 Tahun, Ini 8 Kemungkinan Penyebab Depresi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini Banner iklan disini
Tekan Tombol Close Untuk Menutup Iklan

Banner iklan disini